Kamis, 29 Oktober 2015

 Apa yang dimaksud pembeli dan pembelian
Pembeli adalah suatu pristiwa atau tindakan yang dilakukan oleh dua belah pihak dengan tujuan menukarkan barang atau jasa dengan menggunakan alat transaksi yang sah dan sama-sama memiliki kesepakatan dalam transaksinya, dalam pembelian terkadang akan terjadi tawar menawar antara pembeli dan penjual hingga mendapatkan kesepakatan harga yang kemudian akan melakukan transaksi penukaran barang atau jasa dengan alat tukar yang sah dan di sepakati kedua belah pihak.        
Pembelian adalah suatu tindakan untuk mendapatkan barang atau jasa yang kemudian akan dipergunakan sendiri atau di jual kembali, pembelian biasanya dilakukan minimal dua pihak atau lebih, atau yang sering disebut sebagai penjual dan pembelian.

2.      faktor yang mempengaruhi pembelian

1.      Kebudayaan
Merupakan faktor perilaku pembelian dimana keseluruhannya yang kompleks dan didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, keseniaan, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat. Faktor kebudayaan itu diantaranya:
         Kultur
         Subkultur
         Kelas sosial

2.      Sosial
Merupakan faktor yang dilihat dari apa yang baik dan buruk yang sudah dianut oleh suatu masyarakat. Dimana faktor tersebut mempengaruhi tanggapan konsumen, oleh sebab itu pemasar harus benar-benar memperhitungkannya untuk strategi pemasaran. Faktor-faktor sosial yang dimaksud itu diantaranya:
         Kultur rujukan
         Keluarga
         Peran dan status sosial



3.      Personal
Keputusan seorang pembeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi yang berada dalam diri pembeli, faktor personal tersebut diantaranya:
         Usia dan tahap daur hidup
         Pekerjaan
         Keadaan ekonomi
         Gaya hidup
         Kepribadian dan konsep diri

4.      Psikologi
Pada suatu saat tertentu seseorang mempunyai banyak kebutuhan baik yang bersifat biogenetik dan biologis. Kebutuhan ini timbul dari suatu keadaan fisiologis tertentu, seperti rasa lapar, haus dan sebagainya. Sedangkan kebutuhan yang bersifat psikologis adalah kebutuhan yang timbul dari keadaan fisiologis tertentu seperti kebutuhan yang diakui, harga diri, atau kebutuhan untuk diterima oleh lingkungannya.

Psikologis itu sendiri dalam perilaku konsumen merupakan faktor yang  perilaku pembelian konsumen yang dilihat dari unsur dalam diri konsumen yang dapat membentuk perilaku konsumen, diantaranya:
         Motivasi
         Persepsi
         Learning
         Kepercayaan
         Sikap
3.      Jelaskan antara keinginan membeli barang dengan kebutuhan membeli barang dengan kebutuhan membeli barang terhadap perilaku pembelian

            Apa yang kita inginkan tidak selalu yang kita benar-benar butuhkan. Perbedaan antara keinginan dan kebutuhan penting untuk dikenali agar kita tidak jatuh ke dalam kehidupan konsumtif dan suka membeli sesuatu tanpa rencana.dalam kehidupan modern ini seringkali batas antara keinginan dan kebutuhan menjadi kabur.                         
            Kebutuhan adalah konsep yang paling mendasari  pemasaran. Kebutuhan adalah keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang. Manusia memiliki kebutuhan yang kompleks bertingkat seperti yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yaitu, kebutuhan fisik, keamanan, dan keselamatan, sosial, penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Perilakun manusia dalam memenuhi kebutuhan ditentukan oleh tingkat kebutuhan mana yang paling mendesak,apabila salah satu tingkat klebutuhan telah terpenuhi maka ia akan berhenti sebagai faktor motivator. Contohnya makan  untuk memnuhi nutrisi, tempat tinggal untuk istirahat, transportasi untuk bekerja, pendidikan untuk masa depan anak-anak dll.
            Keinginan adalah kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepibadian individu. Akibat perbedaan corak budaya yang beraneka ragam maka keinginan seseorang akan dipengruhi oleh lingkungan sosial budayanya. Kebutuhan makanan pokok di indonesia sudah tentu akan berbeda dengan kebutuhan pokok orang amerika. Kebutuhan masyarakat pedesaan berbeda dengan kebutuhan mayarakat perkotaan. Perbedaan tersebut menimnulkan perbedaan keinginan setiap individu dan golongan massyarakat tersebut. Keinginan manusia bersifat tak terbatas, sedangkan sumber-sumber untuk memenuhi kebutuhan tersebut terbatas.permasalahannya bagaimana manusia mengatasi atau menyesuaikan keinginan yang tak terbatas tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Keinginan juga seringkali merupakan perwujudan untuk menegaskan status sosial seseorang sekaligus membuktikan pada orang lain bahwa dia mampu memilikinya.
Tips mengelola keinginan dan kebutuhan :
a) Susun segala kebutuhan anda
b) Prioritaskan kebutuhan tersebut dan pastikan terpenuhi terlebih dahulu
c) Tentukan beberapa hak yang menjadi keinginan anda
d) Tanyakan kepada diri anda seberapa besar anda membutuhkan dan mengharapkan keinginan-keinginan tadi dan buat skala prioritas.
e) Jika anda tidak memiliki kelebihan dana, hindari melihat benda-benda yang bisa menciptakan munculnya keinginan karena akan menjadi obsesi

4.      Berikan study kasus untuk perilaku konsumen yang membeli suatu produk barang, apakah konsumen membeli berdasarkan kebutuhan/keinginannya

Seorang mahasiswa bernama yuda sedang mengumpulkan uang untuk membeli sepatu futsal model terbaru, yuda sangat menginginkan sepatu futsal itu. Tetapi minggu besok yuda akan melaksanakan kegiatan kursus mini bank dan di wajibkan untuk menggunakan sepatu pantofel dan akhirnya yuda memutuskan untuk membeli sepatu pantofel saja dibandingkan membeli sepatu futsal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar