Apa yang dimaksud pembeli dan
pembelian
Pembeli
adalah suatu pristiwa atau
tindakan yang dilakukan oleh dua belah pihak dengan tujuan menukarkan barang
atau jasa dengan menggunakan alat transaksi yang sah dan sama-sama memiliki
kesepakatan dalam transaksinya, dalam pembelian terkadang akan terjadi tawar
menawar antara pembeli dan penjual hingga mendapatkan kesepakatan harga yang
kemudian akan melakukan transaksi penukaran barang atau jasa dengan alat tukar yang
sah dan di sepakati kedua belah pihak.
Pembelian
adalah suatu tindakan untuk mendapatkan barang atau jasa yang kemudian akan
dipergunakan sendiri atau di jual kembali, pembelian biasanya dilakukan minimal
dua pihak atau lebih, atau yang sering disebut sebagai penjual dan pembelian.
2. faktor yang mempengaruhi pembelian
1. Kebudayaan
Merupakan
faktor perilaku pembelian dimana keseluruhannya yang kompleks dan didalamnya
terkandung pengetahuan, kepercayaan, keseniaan, moral, hukum, adat istiadat dan
kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat. Faktor
kebudayaan itu diantaranya:
Kultur
Subkultur
Kelas
sosial
2. Sosial
Merupakan
faktor yang dilihat dari apa yang baik dan buruk yang sudah dianut oleh suatu
masyarakat. Dimana faktor tersebut mempengaruhi tanggapan konsumen, oleh sebab
itu pemasar harus benar-benar memperhitungkannya untuk strategi pemasaran.
Faktor-faktor sosial yang dimaksud itu diantaranya:
Kultur
rujukan
Keluarga
Peran
dan status sosial
3. Personal
Keputusan
seorang pembeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi yang berada dalam
diri pembeli, faktor personal tersebut diantaranya:
Usia
dan tahap daur hidup
Pekerjaan
Keadaan
ekonomi
Gaya
hidup
Kepribadian
dan konsep diri
4. Psikologi
Pada
suatu saat tertentu seseorang mempunyai banyak kebutuhan baik yang bersifat
biogenetik dan biologis. Kebutuhan ini timbul dari suatu keadaan fisiologis
tertentu, seperti rasa lapar, haus dan sebagainya. Sedangkan kebutuhan yang
bersifat psikologis adalah kebutuhan yang timbul dari keadaan fisiologis
tertentu seperti kebutuhan yang diakui, harga diri, atau kebutuhan untuk
diterima oleh lingkungannya.
Psikologis itu sendiri dalam perilaku konsumen
merupakan faktor yang perilaku pembelian
konsumen yang dilihat dari unsur dalam diri konsumen yang dapat membentuk
perilaku konsumen, diantaranya:
Motivasi
Persepsi
Learning
Kepercayaan
Sikap
3.
Jelaskan antara keinginan membeli barang
dengan kebutuhan membeli barang dengan kebutuhan membeli barang terhadap
perilaku pembelian
Apa yang kita inginkan tidak selalu yang kita benar-benar butuhkan. Perbedaan
antara keinginan dan kebutuhan penting untuk dikenali agar kita tidak jatuh ke
dalam kehidupan konsumtif dan suka membeli sesuatu tanpa rencana.dalam
kehidupan modern ini seringkali batas antara keinginan dan kebutuhan menjadi
kabur.
Kebutuhan adalah konsep yang paling mendasari pemasaran. Kebutuhan adalah
keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang. Manusia memiliki kebutuhan
yang kompleks bertingkat seperti yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yaitu,
kebutuhan fisik, keamanan, dan keselamatan, sosial, penghargaan, dan kebutuhan
aktualisasi diri. Perilakun manusia dalam memenuhi kebutuhan ditentukan oleh
tingkat kebutuhan mana yang paling mendesak,apabila salah satu tingkat
klebutuhan telah terpenuhi maka ia akan berhenti sebagai faktor motivator.
Contohnya makan untuk memnuhi nutrisi, tempat tinggal untuk istirahat,
transportasi untuk bekerja, pendidikan untuk masa depan anak-anak dll.
Keinginan adalah kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepibadian
individu. Akibat perbedaan corak budaya yang beraneka ragam maka keinginan
seseorang akan dipengruhi oleh lingkungan sosial budayanya. Kebutuhan makanan
pokok di indonesia sudah tentu akan berbeda dengan kebutuhan pokok orang
amerika. Kebutuhan masyarakat pedesaan berbeda dengan kebutuhan mayarakat
perkotaan. Perbedaan tersebut menimnulkan perbedaan keinginan setiap individu
dan golongan massyarakat tersebut. Keinginan manusia bersifat tak terbatas,
sedangkan sumber-sumber untuk memenuhi kebutuhan tersebut
terbatas.permasalahannya bagaimana manusia mengatasi atau menyesuaikan
keinginan yang tak terbatas tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Keinginan
juga seringkali merupakan perwujudan untuk menegaskan status sosial seseorang
sekaligus membuktikan pada orang lain bahwa dia mampu memilikinya.
Tips
mengelola keinginan dan kebutuhan :
a)
Susun segala kebutuhan anda
b)
Prioritaskan kebutuhan tersebut dan pastikan terpenuhi terlebih dahulu
c)
Tentukan beberapa hak yang menjadi keinginan anda
d)
Tanyakan kepada diri anda seberapa besar anda membutuhkan dan mengharapkan
keinginan-keinginan tadi dan buat skala prioritas.
e)
Jika anda tidak memiliki kelebihan dana, hindari melihat benda-benda yang bisa
menciptakan munculnya keinginan karena akan menjadi obsesi
4.
Berikan study kasus untuk perilaku konsumen yang
membeli suatu produk barang, apakah konsumen membeli berdasarkan
kebutuhan/keinginannya
Seorang mahasiswa bernama
yuda sedang mengumpulkan uang untuk membeli sepatu futsal model terbaru, yuda
sangat menginginkan sepatu futsal itu. Tetapi minggu besok yuda akan
melaksanakan kegiatan kursus mini bank dan di wajibkan untuk menggunakan sepatu
pantofel dan akhirnya yuda memutuskan untuk membeli sepatu pantofel saja
dibandingkan membeli sepatu futsal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar