Jumat, 11 April 2014

Misalkan Anda seorang manajer diminta untuk mengembangkan e-business dan aplikasi e-commerce untuk mendapatkan keuntungan kompetitif dalam pasar yang penting bagi perusahaan Anda. Apa pemesanan yang mungkin Anda lakukan?
Dalam mengimplementasikan dan mengembangkan dari e-business dan e-comercce, terlihat jelas bahwa meraih keuntungan kompetitif jauh lebih muda dibandingkan mempertahankannya. Sehingga seorang manajer harus mampu mendukung mempertahankan keuntungan tersebut. Seorang manajer dapat melakukan berbagai cara yakni menginovasikan  perkembangan sistem teknologi informasi perusahaan melalui referensi dari perusahaan lain yang telah sukses, selain itu di dalam e-business perusahaan harus mampu melayani pelanggan selama 7 hari dan 24 jam sehari karena jika tidak maka dengan mudah kompetitor menyaingi perusahaan tersebut. Selain itu, seorang manajer juga harus mengarahkan perusahaan untuk bekerja sama dengan mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif agar lebih familiar di pasaran dan menjadi lebih berkembang. Maka dari itu sebuah perusahaan dianjurkan untuk memperhatikan aspek customer service, price, quality, fulfillment time, agility, time to market, dan market reach.

2.       Bagaimana pengaruh investasi bisnis berteknologi informasi dalam rangka membangun kemampuan TI strategis yang berfungsi sebagai penghalang terhadap pendatang baru ke pasar-pasarnya?
Ada 3 Faktor yang mempengaruhi keputusan investasi bisnis dalam teknolgi informasi, antara lain :
·         Tipologi strategi kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap respon strategi perusahaan. Jika ditinjau dari investasi teknologi informasi, tipologi strategi kompetitif tersebut merespon perusahaan untuk melakukan langkah-langkah strategik, sehingga perusahaan berhubungan dengan perannya dalam menjadikan teknologi informasi sebagai bagian dari respon strategik menghadapi persaingan global. Langkah-langkah yang dilakukan diantara sejumlah keputusan investasi terkait dengan penggunaan teknologi informasi.
·         Kematangan teknologi informasi berpengaruh terhadap respon strategik perusahaan dalam menghadapi globalisasi yang berhubungan dengan perannya dalam menjadikan teknologi informasi sebagai bagian dari respon strategik perusahaan menghadapi perdagangan bebas.
Ukuran perusahaan yang mempengaruhi perilaku perusahaan dalam merespon lingkungan barunya. Perusahaan besar lebih inovatif karena kemampuannya untuk menanggung resiko yang lebih besar.
·         Pengembangan modal yang mempengaruhi perbaikan monitoring teknologi informasi serta pengurangan spesifikasi hubungan yang ada dalam koordinasi eksplisit, sehingga perusahaan akan melakukan investasi dalam teknologi informasi untuk melakukan koordinasi antar perusahaan tanpa dikuatirkan oleh adanya resiko transaksi yang tinggi.

3.       Bagaimana mungkin sebuah teknologi penggunaan bisnis internet untuk menjadi perusahaan virtual atau pesaing gesit?
Untuk menjadikan sebuah perusahaan virtual melalui teknologi internet, terdapat strategi kompetitif dasar yakni gunakan teknologi informasi untuk menurunkan biaya pelanggan, menggunakan berbagai fitur teknologi informasi untuk mengurangi keunggulan differensiasi para pesaing, kembangkan sistem informasi antar perusahaan yang mendukung internet dan extranet dan mendukung hubungan bisnis strategis dengan para relasi serta menggunakan teknologi informasi secara luas dalam sistem manajemen pengetahuan untuk mendukung pembuatan dan penyebaran pengetahuan bisnis. Dengan demikian, walaupun sebuah perusahaan melakukan proses bisnis baru namun memiliki kesempatan untuk bersaing dan bahkan berada pada posisi lebih tinggi dibandingan dengan perusahaan lain karena dapat memanfaatkan teknologi informasi dan memiliki sistem bisnis yang tepat.

4.       Kunjungi www.dell.com dan www.hilton.com.
Lacak sejumlah situs web dan layanan e-commerce mereka.
a.       Website yang menurut Anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada Anda sebagai calon pelanggan? Jelaskan.
Menurut saya website yang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada saya yaitu www.hilton.com. Karena website ini memiliki informasi yang lebih signifikan dan mempunyai kolom pencarian dengan data yang lengkap. Selain itu dari cara transaksi website ini lebih efisien sehingga lebih memudahkan pelanggan awam untuk melakukan pemesanan.  Walaupun antara kedua website ini memiliki interface atau tampilan design  yang sama-sama atraktif dan bagus.

b.      Bagaimana mungkin pembuat situs seperti meningkatkan desain dan strategi pemasaran untuk menawarkan layanan yang lebih kepada pelanggan mereka dan yang prospektif? Jelaskan.
Pembuat situs atau website pasti mengharapkan website yang mereka buat dapat dilihat dan menarik minat calon pelanggan. Dengan demikian barulah terjadi proses bisnis dalam pemanfaatan teknologi informasi seperti e-business dan e-commerce. Oleh karena itu, selain meningkatkan strategi pemasaran yang dirancang dengan tepat, website itu sendiri harus memiliki tampilan yang bagus dari segi warna halaman, pemilihan jenis dan ukuran huruf serta animasi-animasi yang ada di dalamnya. Hal ini dapat dilakukan jika pembuat website selalu mencari inovasi baru dalam pemanfaatan teknologi informasi yang terus berkembang di era globalisasi ini.

5.       Kunjungi www.travelocity.com yang 70% saham dimiliki oleh Sabre dan American Airlines (www.aa.com) dan yang sebelumnya dimiliki Sabre. Melacak fitur dan layanan e-commerce tersedia di situsnya.
a.       Bagaimana website mereka dan model bisnis mereka berbeda satu sama lain?
Website keduanya adalah website agen tiket perjalanan dan dari segi tampilan memiliki warna yang hampir sama. Tetapi diantara keduanya terdapat sedikit perbedaan dalam penyampaian informasi dan cara pemesanan tiket perjalanan. Hal ini merupakan strategi bisnis yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan untuk menarik minat calon pelanggan. Untuk model bisnis keduanya tentu memakai e-bussiness dan e-commerce dimana mereka melakukan proses bisnis secara online melalui internet.

b.      Strategi apa yang dapat diterapkan oleh agen perjalanan tradisional untuk mempertahankan keunggulan kompetitif?
Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif, perusahaan tersebut harus memiliki aset dan kapabilitas perusahaan yang khas. Dimana perusahaan tersebut terus memberikan kontribusi yang baik bagi pelanggan melalui proses bisnis yang lancar. Selain itu perusahaan tersebut harus menyajikan informasi-informasi yang atraktif dan selalu memperbaharui segala jenis informasi yang mengalami perubahan informasi dalam perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar