Jumat, 27 September 2013

Nilai nilai budaya yang hilang
1.      Sopan santun
Seiring dengan perkembangan zaman, tingkah laku para remaja kian berubah dari waktu ke waktu, datangnya kebudayaan barat sangat merusak pola pikir para remaja zaman sekarang.  Contohnya yang sering dilihat di angkutan umum adalah membiarkan perempuan hamil berdiri, seseorang lanjut usia di biarkan berdiri, sementara anak muda hanya melihatnya saja, tidak langsung berdiri untuk mempersilahkan seseorang itu duduk. Contohnya lagi para remaja sekarang  sering sekali membantah ataupun membentak ibunya ,ada juga seorang anak yang  tega membunuh ibunya sendiri.  Maka dari itu secara tidak langsung dengan kurangnya sopan santun, jati diri kita sebagai bangsa indonesia sudah mulai luntur , bangsa yang dulu hebat karena budayanya, kini telah rapuh dengan sendirinya.

2.      Cara berpakaian
Sekarang ini masyarakat indonesia lebih menyukai berpakain yang lebih terbuka seperti bangsa barat yang sebenarnya tidak sesuai dengan adat bangsa indonesia yang di anggap berpakain lebih sopan dan tertutup. Bahkan ada wanita yang berjilbab juga menggunakan pakaian yang ketat, zaman sekarang jilbab bukan ditujukan untuk menutupi aurat tetapi memakai jilbab karena sedang ngetrend saja. Apa yang membuat mereka itu berani untuk memperlihatkan auratnya?  Jadi tidak heran kalau banyak sekali berita di tv, majalah, koran tentang pelecehan dan pemerkosaan.

3.      Permainan Tradisional
Pada zaman dahulu anak anak membuat mainannya sendiri contohnya seperti permainan gangsing, mobil mobilan yang terbuat dari kayu. Karena perkembangan zaman dan masuknya budaya asing, permainan seperti itu sudah jarang kita temukan, saat ini yang ada hanyalah produk2 dari luar negeri seperti mobil remote control, game boy, dll

4.      Bahasa daerah
Bahasa daerah pada zaman sekarang sudah tidak lagi dibanggakan di kalangan generasi saat ini khususnya remaja. Hal itu disebabkan karena adanya rasa gengsi, mereka malu bahkan tidak mau menggunakan bahasa daerahnya karena di anggap kampungan dan tidak gaul. Faktanya kini remaja lebih senang belajar bahasa asing dari pada bahasa daerahnya sendiri . memang tidak ada yang melarang mereka untuk belajar bahasa asing, tapi banggalah dengan bahasa daerah kita masing-masing, karena dengan itu ke-Indonesiaan kita makin tampak.

5.      Makanan khas daerah
Perkembangan zaman telah menghilangkan nilai nilai budaya bangsa indonesia, salah satunya adalah makanan khas bangsa indonesia seperti kue geplak, kue unti dll. Sepertinya anak anak zaman sekarang tidak tau makanan apa itu, yang mereka tau hanyalah makanan siap saji yang biasa mereka makan di mall mall. Maka tidak heran kalau orang orang zaman sekarang lebih mudah sakit dibandingkan orang zaman dulu, karena makanan orang dulu itu beda sama makanan zaman sekarang. makanan dulu itu benar benar hasil perkebunan tanpa bahan pengawet dan kimia, kalau sekarang makanan hasil ekspor luar negri seperti kfc,mc.donald, dll.  Akibatnya orang zaman sekarang lebih mudah terserang penyakit jantung,kanker, perhatikan orang zaman dulu walau udah lansia tapi tubuh mereka tetap kuat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar